Kuliner TOP Samarinda Rekomendasi ZerosiX Park Band

iNews.id - Bagi Anda pencinta kuliner, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner lezat asal Samarinda. ZerosiX Park, grup band asli Samarinda memiliki beberapa rekomendasi kuliner enak di Samarinda. Salah satunya Nasi Bekepor.

Samarinda memiliki berbagai macam makanan khas yang sangat lezat. Menurut grup band ZerosiX Park, ada banyak makanan enak yang harus dicoba oleh wisatawan saat berkunjung ke Samarinda.

“Enak enak semua di Samarinda, ada soto banjar, nasi kuning, nasi bekepor, amplang, kepiting. Wah enak- enak kalau di sana,” ujar Aldi selaku vokalis grup band ZerosiX Park, kepada iNews.id, ketika berkunjung ke Gedung iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Walaupun nasi kuning banyak terdapat di beberapa daerah Indonesia, namun nasi kuning Samarinda sangat khas. Nasi Kuning Samarinda menggunakan bumbu bali dan serundeng dalam sajiannya.

“Ciri khas nasi kuning Samarinda itu ada bumbu merah, kalau di tempat kami menyebutnya bumbu bali, lalu pake serundeng dan ikan haruan juga,” kata Aldi.

Ingin tahu kuliner apa saja yang harus dicoba ketika ke Samarinda? Berikut rekomendasi dari grup band ZerosiX Park, kepada iNews.id.

Nasi Bekepor

Nasi bekepor adalah nasi putih yang dicampur dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur. Nasi Bekepor paling enak dimakan saat masih hangat, apalagi ditambah dengan sayur gangan asam kukar. Sayur gangan asam kukar sejenis sayur asem yang diolah dengan kepala ikan dan ubi manis. Satu lagi tambahan yang membuat makanan ini terasa semakin lezat, yaitu daging masak bumi. Daging masak bumi ini serupa dengan daging bumbu kecap.

Soto Banjar

Soto Banjar kaya akan rempah-rempah. Soto ini merupakan makanan favorit warga Samarinda. Bahan utama soto banjar adalah Ayam. Soto Banjar yang menjadi rekomendasi di Samarinda adalah Soto Banjar Amando yang berada di JL. Diponegoro, Samarinda.

Amplang

Amplang terbuat dari ikan yang memiliki rasa renyah dan gurih. Makanan ini sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Amplang dikenal dengan nama kuku macan. Hal ini karena bentuknya yang mirip dengan kuku macan.

Nasi Kuning

Jika Anda berkunjung ke Samarinda, jangan sampai terlewat mencoba makanan khas Samarinda, yaitu nasi kuning. Nasi kuning Samarinda dihidangkan bersama dengan ikan haruan (ikan gabus), serundeng, telur bumbu bali dan bawang goreng. Ada banyak penjual nasi kuning yang dapat ditemukan di Kampung Nasi Kuning. Anda dapat mengunjungi kampung ini setiap saat, namun penjual lebih banyak yang buka sekitar pukul 19.00 - 03.00 WIB. Kampung Nasi Kuning berada di Jalan Lambung, Mangkurat.

Editor : Vien Dimyati

Comments